Bosan Takjil Itu-Itu Saja, Cobain Torakor, Tomat Rasa Korma dari Brebes

oleh -30 views
Torakor-Tomat-Rasa-Korma
Proses pembuatan Torakor. Foto: Tangkapan Layar YouTube RCTV

PUSER BUMI – Berburu menu untuk berbuka puasa atau takjil, menjadi pencarian makanan sambil ngabuburit. Dari Kabupaten Brebes ada cemilan baru yang mirip kurma, Torakor.

Torakor atau tomat rasa korma, adalah jenis makanan ringan yang bahan bakunya dari tomat yang diolah dengan bantuan sinar matahari, cocok untuk jadi makanan berbuka puasa.

Di tangan Wariatun, Warga Dukuh Waringin, Kecamatan Wanasari, Kabupaten Brebes, tomat olahannya berhasil naik kelas, apalagi sekarang di Bulan Ramadan, Torakor semakin banyak dicari.

“Rasanya seperti korma tanpa biji, tidak kecut,” ujar Salimah, seorang penggemar Torakor yang membeli kemasan 250 kg.

Ide pembuatan tomat rasa kurma ini, berawal dari rasa kecewa Wariatun terhadap harga jual tomat yang dihasilkan para petani di desanya sangat murah.

Dengan harga jual yang jauh dari kata pantas, Wariatun bersama suaminya Asep berinisiatif mengolah tomat yang murah tersebut supaya memiliki nilai jual tinggi.

Baca Juga!

Salat Tarawih 11 Rakaat atau 23 Rakaat? Ini Keterangannya

Hafal Alquran Dalam Satu Tahun, Ini Tips Gadis Asal Riau

Diolahlah tomat-tomat tersebut menjadi cemilan yang menyerupai buah kurma, dengan cara direbus dan dibuang biji-bijinya yang sebelumnya direndam bersama kapur sirih selama 2-3 jam.

Setelah itu, tomat-tomat yang sudah dibuang bijinya, dicuci lalu direbus kembali dengan perbandingan 5 kg tomat dicampur dengan 1 kg gula pasir.

Proses merebus tomat yang dicampur dengan gula pasir berlangsung selama 4 jam. Setelah itu ditiriskan di atas daun pisang.

Setelahnya, tomat dijemur di bawah sinar matahari agar mudah dibentuk kecil-kecil menyerupai kurma.

Saat ini, Wariatun sudah bisa memasarkan makanan yang kaya akan kandungan vitamin C ini melalui online dan supermarket dan tempat oleh-oleh.

“Sekarang dijual dalam kemasan 250 kg dan 500 kg,” ujar Wariatun seperti dikutip dari kanal Berita Radar Cirebon Televisi. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *