Penuhi Semua Indikator Penilaian, PKK Desa Sindangkasih Berpeluang Juara Tingkat Kabupaten

oleh -146 views
PKK-Desa-Sindngkasih-Juara
Ketua PKK Sindangkasih (kiri) memberikan tanda cinderamata kepada tim penilai. Foto: Asep Brd/Radar Cirebon

TIM Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Desa Sindangkasih, Kecamatan Beber berpeluang menjadi yang terbaik di tingkat Kabupaten Cirebon Tahun 2021.

Hal tersebut setelah tim penilai dari Kabupaten Cirebon melakukan kunjungan untuk bina wilayah (binwil) ke Desa Sindangkasih, Selasa (8/6).

Tim penilai yang beranggota kelompok kerja (Pokja) PKK Kabupaten Cirebon ini, begitu kagum usai melihat kesiapan para kader PKK Desa Sindangkasih.

“Sepertinya PKK Sindangkasih memiliki peluang lebih besar untuk menjadi yang terbaik di tingkat kabupaten,” ujar Ketua tim yang mewakili TP PKK Kabupaten Cirebon, Dra Hj Nunung Rosmini.

Selain kesiapan para kader, hal lain yang menjadi penilaian adalah sarana pendukung, seperti setiap pokja memiliki ruangan sendiri-sendiri.

Hal yang sama diutarakan Sekretaris Umum Tim Penggerak PKK Kabupaten Cirebon. Menurutnya, PKK Desa Sindangkasih memiliki etos kerjas yang bagus.

“Etosnya luar biasa, yel-yelnya bagus dan semangatnya luar biasa,” ujar Yati yang juga merupakan Kabid Sosbud DPM Kabupaten Cirebon.

Baca Juga!

Enam Desa Bakal Bertarung, PKK Desa Sindangkasih Siap Maju di Level Provinsi

Sikapnya Mencurigakan, Ternyata Sudah Meninggal Sehari Sebelumnya

Di lain kesempatan, Camat Beber Rita Susana memberikan pandangan yang tidak jauh berbeda tentang PKK binaanya.

Menurutnya, PKK Desa Sindangkasih memenuhi semua persyaratan yang menjadi indikator tim penilai.

“Saya yakin Desa Sindangkasih menjadi juara, bisa bersaing dengan lima desa lain,” ujar Rita kepada Puser Bumi (Radar Cirebon Group).

Keyakinan Rita didasari dengan upaya yang telah dilakukan PKK Sindangkasih dalam memberdayakan para kader dan imbasnya kepada masyarakat.

“Bisa dilihat, mereka (PKK Sindangkasih) bisa membina warganya untuk mengembangkan berbagai usaha,” katanya.

Hal tersebut bisa disaksikan dari aneka makanan olahan dan aneka usaha rumahan yang dipajang di stand yang telah disediakan pihak desa di acara binwil tersebut.

Mulai dari makanan dana minuman olahan berbahan herbal yang telah dikemas dalam botol dan kemasan plastik lainnya.

Selain itu, sejumlah tas dan pakaian hasil produk rumahan warganya, tidak kalah bersaing dengan produk yang beredar di pasaran.

Dalam kesempatan tersebut, Rita yang merasa antusias dengan pencapaian PKK Sindangkasih, memborong makanan dan minuman yang tengah dipamerkan.

“Saya mengapresiasi para kader, jadi saya membeli dalam jumlah banyak, bukan memborong,” kilahnya.

Ketua PKK Sindangkasih yang menjadi motor penggerak para kadernya, berusaha untuk bersikap merendah atas pujian-pujian yang dilontarkan tim penilai.

Dalam sambutannya, dirinya tidak akan berhasil sejauh ini jika tidak didukung oleh para kader dan pemerintahan desa.

“Awal bergerak, kami memiliki modal Rp500 ribu, tapi kami putarkan dan alhamdulillah di tahun 2020 modal kami jadi Rp50 juta,” beber Siti Nurlaela.

Meski tidak dipungkiri, Siti tetap berharap usaha bersama para kadernya, bisa menghantarkan PKK Sindangkasih menjadi yang terbaik di tingkat Kabupaten.

Hal tersebut diungkapnya melalui sebuah pantun yang diungkapkan di akhir sambutannya, agar PKK yang dipimpinnya bisa mewakili Kabupaten Cirebon di tingkat Provinsi. (brd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.