Pradesain Ibu Kota Baru, Gedung Istana Berbentuk Burung Garuda

oleh -77 views
desain-ibu-kota-baru-indonesia-istana-negara
Desain Istana Negara baru di Kalimantan Tengah. Foto: Tangkapan Layar YouTube

PRADESAIN Ibu Kota Baru Indonesia yang terletak di Kalimantan Tengah menjadi perbincangan netizen.

Video yang diunggah di kanal YouTube Presiden Joko Widodo tanggal 2 April 2021 tersebut, menjawab teka-teki yang berkembang.

“Tahun lalu, Kementerian PUPR mengundang beberapa arsitek dan seniman untuk memberikan masukan dan gagasan mengenai bangunan ikonik di ibu kota negara yang baru,” tulis salah satu descripsi di video tersebut.

“Sejumlah usulan pun masuk. Salah satunya adalah pradesain Istana Negara karya seniman patung kenamaan Nyoman Nuarta ini. Usulan beliau sarat dengan filosofi lambang Burung Garuda sebagai pemersatu bangsa sesuai semboyan Bhinneka Tunggal Ika,” tulisnya.

Baca Juga!

Sedih Banget, Pulang Tugas, Video Prajurit TNI Tidak Dikenali Lagi Anaknya

Minta Duluan Disemprot, Petugas Damkar Terlibat Keributan dengan Warga

Sebelumnya ramai dibicarakan netizen, tentang Burung Garuda yang menjadi simbol negara menjadi gedung istana negara.

Teka-teki tersebut ternyata benar adanya, adalah Nyoman Nuarta yang mendesain gedung istana negara tersebut dengan bentuk Burung Garuda.

Seniman patung Indonesia yang menjadi pelopor Gerakan Seni Rupa Baru itu, menjadi pemenang sayembara yang diadakan oleh PUPR. Video pradesain Istana Negara bisa ditonton disini.

“Terpilih disain ISTANA NEGARA, di IKN (IBUKOTA NEGARA )Kaltim, Karya saya, melalui sayembara yg diadakan oleh PUPR,” kata Nyoman dalam akun Instagram pribadinya @nyoman_nuarta.

Tetapi, pardesain tersebut masih berupa usulan, pihak istana masih membutuhkan masukan-masukan dari warga Indonesia tentang pradesain tersebut.

“Saya menginginkan Istana Negara tidak hanya dikenang sebagai tempat Presiden bekerja atau menjadi simbol kebanggaan bangsa, tapi juga mencerminkan kemajuan bangsa,” tulis descripsi lain di video tersebut.

“Dengan masukan-masukan itu nantinya, akan mengundang kembali para arsitek dan para ahli lainnya untuk melakukan pengkayaan pradesain menjadi basic desain Istana Negara,” akhir descripsi video.

Bagaimana menurut pandangan Anda? (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *